Ketahui Syarat-Syarat Masuk STAN

Spread the love

Setelah menyelesaikan kegiatan belajar mengajar di jenjang Sekolah Menengah Atas, generasi muda akan dihadapkan dengan jenjang yang lebih tinggi lagi yakni perkuliahan. Ada banyak pilihan perkuliahan yang dapat diambil oleh calon mahasiswa, baik itu di perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta ataupun sekolah kedinasan.

Salah satu sekolah kedinasan yang cukup terkenal dan menjadi incaran sebagian besar lulusan SMA di Tanah Air ialah PKN STAN. STAN ini sendiri merupakan sebuah perguruan tinggi khusus kedinasan yang berfokus pada akuntansi. Ada banyak keunggulan yang diperoleh setelah belajar di PKN STAN. Apa saja keunggulan belajar di kampus STAN tersebut? Simak informasinya di bawah!

Keunggulan STAN

Seperti yang diketahui, sekolah kedinasan menjadi sekolah favorit sebagian besar lulusan muda yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tak heran sekolah kedinasan seperti STAN juga turut menjadi primadona bagi lulusan SMA di Tanah Air. Hal ini karena beberapa keunggulan yang diperoleh setelah belajar di STAN tersebut. Adapun keunggulannya antara lain:

  1. Jaminan ikatan kerja

Banyak sekali lulusan sarjana yang kesulitan dalam mencari pekerjaan. Namun hal ini tidak berlaku bagi para lulusan sekolah kedinasan STAN. Setiap lulusan STAN akan mendapatkan jaminan ikatan kerja khususnya bagi mereka yang berprestasi. Kebanyakan dari lulusan akan disebar di beberapa instansi atau lembaga pemerintahan yang ada di daerahnya masing-masing. Umumnya bidang yang ditangani nantinya akan berada di bawah naungan Kementerian Keuangan, sehingga jaminan kerja jelas terlihat setelah lulus sekolah.

  1. Bebas biaya

Keunggulan lain yang ditawarkan STAN ialah adanya kebijakan bebas biaya. Mahasiswa STAN sendiri dibebaskan dari seluruh biaya pendidikan, karena biaya tersebut ditanggung pemerintah lewat kebijakan Kementerian Keuangan. Selain biaya pendidikan yang gratis, pihak STAN juga menjamin biaya hidup mahasiswa yang bersekolah di STAN sehingga dapat membantu dalam meringankan beban orang tua pada umumnya.

  1. Jaminan jadi PNS

Seorang lulusan PKN STAN akan diwajibkan untuk bekerja pada beberapa instansi milik pemerintah. Dengan kata lain hal tersebut membuat lulusan STAN menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil yang mengabdi pada negara. Keistimewaan lulusan STAN ialah tidak perlu mengikuti tes CPNS, karena tes tersebut sendiri sudah dilakukan pada saat adanya seleksi masuk STAN.

Selain itu, lulusan juga tak perlu khawatir nantinya menjadi pengangguran, karena sudah dipastikan bila alumni STAN akan dipakai tenaganya untuk mengisi posisi-posisi kosong di bidang keuangan, khususnya di lingkup instansi maupun pemerintahan. Tak heran banyak lulusan muda STAN yang memiliki kehidupan yang baik setelah lulus.

  1. Memiliki pandangan baik di masyarakat

Menjadi seorang mahasiswa yang bersekolah di STAN secara tidak langsung akan membuat nama mahasiswa tersebut menjadi baik di masyarakat. Hal ini tidak mengherankan karena STAN merupakan primadona bagi sebagian besar generasi muda. Untuk setiap seleksinya sendiri diikuti oleh 65 ribu calon mahasiswa yang hanya memperebutkan 3,5 ribu saja. Maka tidak mengherankan jika para kandidat yang masuk STAN kemudian lolos dan begitu disegani di lingkungan rumah maupun perkantoran.

  1. Tersebar luas di 12 Provinsi di Tanah Air

Kampus STAN sendiri telah tersebar sebanyak 12 kampus di 12 Provinsi di Indonesia. Beberapa daerah tempat adanya kampus STAN tersebut antara lain di Pekanbaru, Medan, Palembang, Manado, Makassar, Malang, Jakarta, Pontianak, Cimahi, Jogjakarta, Bali dan Balikpapan. Banyaknya kampus yang tersedia di berbagai penjuru wilayah di Tanah Air tersebut membuat sekolah di STAN tidak perlu untuk merantau jauh dan dapat membantu dalam memangkas biaya hidup nantinya pada saat mengikuti kegiatan sekolah di STAN.

Syarat-Syarat Masuk STAN

Adapun di STAN untuk Akuntansi setiap tahun dibuka untuk pendaftarannya. Oleh karena itu terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh setiap calon mahasiswa yang akan melanjutkan sekolah di STAN. Adanya pendaftaran yang dilakukan setiap tahun tersebut juga karena terdapat prosesi wisuda yang juga digelar setiap tahunnya. Oleh karena itu, untuk mengisi kuota yang kosong, maka dibukalah pendaftaran STAN setiap tahunnya. Beberapa syarat untuk masuk PKN STAN tersebut antara lain yakni:

  • Minimal lulusan SMA atau yang sederajat
  • Memiliki rata-rata nilai rapor atau ijazah minimal 70,00 (pada skala 100)
  • Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama menjalani masa pendidikan
  • Berusia minimal 17 tahun dan maksimal yakni 20 tahun
  • Sehat secara jasmani dan juga kejiwaan, serta terbebas dari narkotika dan zat adiktif lain
  • Melakukan penyetoran biaya pendidikan dengan jumlah yang telah ditetapkan oleh pihak PKN STAN untuk masa pendidikan

Nah, demikian tadi informasi yang disampaikan sehubungan dengan syarat masuk STAN dan juga keunggulan STAN. Selain dibebaskan dari biaya pendidikan, berkuliah di STAN juga akan memberikan jaminan kerja dan kehidupan yang sejahtera bagi lulusannya.

Related Post